Dasar sinetron Indonesia

7:24 PM

Saya bukanlah seorang maniak sinetron Indo. Sinetron indo ini biasanya (bagi saya) dikaitkan dengan:
ibu-ibu, pembantu rumah tangga yang mencari hiburan di kala majikan tidak ada di rumah, make up aktor dan aktris yang berlebihan, tokoh antagonis yang jahat banget kerjaannya tereak doang dan kayaknya orang di dunia ini gak ada yang sejahat itu, tokoh protagonisnya ya ko cengeng banget. Belum lagi musiknya yang seadanya, standar kalo lagi adegan tegang "jeng jeng jeng jeng" sambil di zoom. Dari segi cerita juga tidak ada perkembangan. Sebel banget kalo misalnya sinopsisnya udah oke, eh begitu dapet rating bagus langsung dipanjang-panjangin ceritanya, kalo jelek langsung dikurangin. Maksud cerita aslinya jadi nggak jelas. Apalagi sinetron stripping. Makin buru-buru lah si penulis skenario buatnya. Nah, yang paling jelek dari sinetron Indo adalah kecenderungan untuk MENJIPLAK alias COPYCAT alias MENYALIN sinetron lain.
Tersebutlah pada waktu itu sedang demam Meteor Garden yang dibintangi F4.


Eh, ujug-ujug di Indo dibuat yang mirip, sama ada 4 cowok dan 1 cewek dengan jalan cerita yang mirip. Judulnya Siapa Takut Jatuh Cinta.
Yang paling terkenal adalah 1 litre of tears

yang ternyata dicopy jadi sinetron sampah berjudul Buku Harian Nayla.


Sama, men! Cih! Yang bikin sakit hati. Kasian banget deh si orang aslinya kalo tau kisah hidup dia dicontek jadi sonetron sampah.

Nah, yang akan saya bahas di sini adalah sinetron Indo yang baru keluar. Dan lagi-lagi yang menyiarkan adalah RCTI yang sebelumnya menyiarkan Buku Harian Nayla. Disiarkan pada pukul 18.00 WIB, gak tau deh tiap hari apa, gak ngikutin. Judulnya Kejora dan Bintang.
Catet baik-baik dan jangan tonton karena akan menaikkan rating yang pada akhirnya dapat menyuburkan lahan sinetron jiplakan. Gak bakal ada yang nyangka kalau sinetron ini jiplakan. Sayang sekali sodara, tapi, BENAR, ini adalah JIPLAKAN. Dan sekali lagi, versi yang dijiplak ini akan disiarkan oleh Indosiar (yang juga sebelumnya menayangkan 1 Litre of Tears), dengan judul Brilliant Legacy (dikenal juga dengan judul Shining Inheritence).
Saya tidak akan membahas isinya tapi sebel banget kok lagi-lagi copas. Kayak gak punya skenario lain aja. Masih mending lah kalo dibuat versi Indonya, macem multiversinya Meteor Garden=Hana Yori Dango=Boys Before Flowers. Ini nyeplak, meeen...
Dari mana saya tahu padahal kan saya tidak pernah nonton sinetron beginian? Jadi ceritanya, sedang menonton bersama teman, eh muncul iklan coming soon nya Brilliant Legacy di Indosiar. Bercerita lah saya tentang isi drama tersebut walaupun belum lihat episode akhir dan melewatkan 1 keping awal. Salah seorang teman menimpali dengan sinetron KdB itu. Oke lah langsung kita tonton si sinetron jiplakannya, kebetulan itu pas jam tayangnya. Dan ternyata, ckckckck... Biasa, lah, versi Indo mah yang antagonis kelihatan jahat dan licik banget. Dan di episode yang saya tonton, si Kejora gagapnya sembuh. Dalam BL, si adeknya itu kayak autis dan ga bisa sembuh tiba-tiba macem di KdB. Sama-sama demen piano juga. Sama-sama diusir juga. Ah ga usah banyak ceritain lah, entar ga seru lagi. Heheheheh...

Yang membuat saya heran, kok mau-maunya mereka main sinetron jiplakan? Apa sutradaranya ga tau? Gak mungkin, dong. Atau pemainnya gak tau kalo peran yang mereka mainkan tidak asli? Jangan-jangan si RCTI sendiri gak tau kalo yang dia siarin itu bakal dibanding-bandingin sama yang asli? Kalau nanti Brillian Legacy sudah disiarkan di Indosiar, apakah KdB akan ditamatkan sebelumnya supaya penonton yang tidak kritis tidak tahu. Atau bisa juga jalan ceritanya sedikit demi sedikit akan mulai diubah? Kita tunggu saja.

You Might Also Like

2 komentar

  1. biasanya ntar ceritanya bakalan jadi makin panjang dil, jadi bisa beda ujung-ujungnya. tapi emang sih aneh banget. hobi banget nyontek drama korea, kenapa nggak drama arab aja. nggak nemu yang fanatik sama drama arab gue, kalo gitu siapa tau ga ketauan nyontek. hahaha

    ReplyDelete
  2. hahaha.. berasa muslimah, yang berlanjut jadi jiran, trus ampe ke baghdad

    ReplyDelete

Search This Blog