15. Kuaci

8:23 AM

Kuaci sering dikenal sebagai makanan hamster. Sebenarnya ada tiga jenis kuaci yang sering ada. Pertama adalah kuaci biji matahari, dan yang kedua dari biji semangka. Yang terakhir malah saya baru tahu, yaitu kuaci biji labu.


kuaci biji bunga matahari

kuaci biji semangka

kuaci biji labu kuning

Kuaci banyak diproduksi di Indonesia walaupun ada beberapa produk impor yang biasanya dari China. Pada tahun 2010 pernah ada kasus kuaci tidak halal yang diimpor dari China. Kuaci tersebut memajang logo halal dari Malaysia yang palsu. Produk tersebut segera ditarik dari peredaran. Sebenarnya mungkin saja masih ada beberapa produk serupa yang lolos. Agar lebih aman sepertinya sebaiknya kita mengonsumsi buatan Indonesia saja.

Sebelumnya saya hanya mengenal kuaci biji matahari. Bahkan info mengenai keberadaan kuaci biji semangka baru saya peroleh beberapa bulan yang lalu dari orangtua. Yang biasa dijual eceran di warung memang biji matahari. Yang dahulu harganya 100 rupiah saja sekarang sudah naik menjadi 500 rupiah. Sementara itu kuaci biji semangka hingga saat ini belum saya temui di warung. Bisa saja sayanya yang kurang gaul. Dulu waktu SMP pernah ada kuaci yang sudah terkupas dan dilapisi coklat. Waktu itu harganya 1000 rupiah. Tapi sekarang saya benar-benar tidak tahu rimbanya. Padahal itu enak sekali loh.

Ternyata kuaci memiliki manfaat mengatasi masalah kolesterol. Kuaci mengandung omega 3, omega 6, dan omega 9. Untunk info lebih lengkap lagi bisa dilihat di sini.

You Might Also Like

4 komentar

  1. kuaci.. kecil-kecil uacik (baca: asyik). ga bakalan berhenti kl ga habis ;)

    ReplyDelete
  2. kuaci mantep banget buat cemilan emang. wehehheh

    ReplyDelete
  3. gue punya stok kuaci biji semangka, ada yang mau? e-mail ke kartikamaharani2011@gmail.com makasih

    ReplyDelete
  4. aku produksi coklat kuaci, ada yg mau order,, bisa hub aku aja, 087822087092

    ReplyDelete

Search This Blog