Tips Berlibur Hemat di Jepang

4:59 AM

Ini sudah bukan rahasia lagi, kalau Jepang memang mahal. Walaupun sudah setengah tahun di sini, saya pun masih suka merasa "Jepang itu mahal banget ya...." Memang sih, ada beberapa hal yang masih bisa dianggap murah, tapi kan semurah-murahnya di sini, masih lebih murah di tanah air.

Kondisi kantong kepepet tentu tidak menghalangi orang-orang untuk berlibur dan jalan-jalan, termasuk saya. Dengan banyak menabung, ditambah bersedia hidup hemat dan makan miskin, maka jalan-jalan ke berbagai daerah dapat dilakukan, termasuk ke Jepang. Pengalaman ini sudah diterapkan oleh banyak orang, terbukti dengan banyak beredarnya buku-buku traveling dengan judul menggiurkan: Dua Juta ke Korea, Sebulan di Eropa Cuma Seribu Dollar, Dua Juta keliling Asia Tenggara. Kalau dilihat dari judul, semua terasa tidak mungkin, karena memang judul-judul tersebut sudah dipoles oleh sang editor agar menarik mata calon pembeli buku. Apalagi setelah dibaca, siap-siap kecewa karena harga yang tertera pada judul memang belum termasuk ongkos pesawat dan lain-lain.

Tips ini dibuat khusus bagi orang-orang yang mengutamakan pengalaman berjalan-jalan dibandingkan urusan perut dan kenyamanan untuk menginap di hotel mewah. Sudah sering saya buktikan, dan selalu berakhir dengan ketakjuban ketika saya bercerita tentang pengalaman tersebut. Boleh juga dibilang "Jalan-Jalan Miskin." Manfaat dari program "Jalan-Jalan Miskin" ini juga banyak, seperti meningkatkan empati terhadap para pengemis dan anak jalanan, membuat badan bugar alias pegal-pegal, juga meningkatkan tali silaturahim.

Langsung saja, ini dia tipsnya.

1. Berburu tiket pesawat murah
Semakin banyak Low Cost Carrier yang beredar, seperti Airasia, Jetstar, dan lain-lain. Tiket murah hanya bisa didapatkan bila dipesan jauh-jauh hari, lebih tepatnya berbulan-bulan sebelumnya. Harap maklum. Selain itu, demi murah, harus bisa kompromi dengan kenyamanan. Misalnya, Airasia ke Jepang ketika transit di Kuala Lumpur mengharuskan penumpang yang transit untuk jalan cukup jauh dari pesawat, menuju terminal tempat transfer penerbangan. Kalau bawa bawaan cukup berat, dapat mengakibatkan tidur pulas di penerbangan selanjutnya, atau bisa disebut juga kecapekan. Soal bagasi juga harus dipikir ulang, karena kalau cuma berlibur beberapa hari atau seminggu, tidak perlu bawa koper sebenarnya.

2. Cari penginapan gratis
Carilah temannya teman yang temannya teman itu kuliah di Jepang, terutama di kota yang akan dituju. Intinya, cari koneksi, agar bisa menumpang gratis. Bisa dicoba lewat facebook, kirim pesan, dan kontak mengontak. Biaya penginapan di Jepang cukup mahal. Dengan adanya jaminan menginap gratis, tentu bisa lebih murah. Misalnya, 7 hari x 2000 yen = 14 ribu yen. Nah, sejumlah itu sudah bisa dihemat. Tapi jangan lupa, perhatikan akses menuju daerah yang akan dikunjungi. Jangan sampai tempat temannya teman teman teman itu jauh, dan malah membuang waktu dan ongkos dibandingkan mencari hostel di tengah kota. Oh ya, jangan lupa membawakan sesajen, alias oleh-oleh sebagai tanda terima kasih sudah diberi tempat untuk menginap. Bisa dapet teman baru, bisa dapat tempat menginap gratis. Jangan lupa foto bersama sebelum pulang.

3. Makanan super hemat
Biasanya sih kalau menginap di tempat orang bakal dikasih makan. Bahkan nanti bisa disuruh bawa bekal sekalian. Tapi nggak enak kan kalau terus menerus seperti itu. Bisa disiasati dengan membeli roti dan juga selai. Mungkin roti saja tidak apa-apa, kalau teman tersebut sudah punya selai, hehehe. Kalau ditawarkan makan dan bekal juga jangan ditolak. Untuk makan di luar, bisa disiasati dengan membeli onigiri atau sushi murah diskon (harus dbeli semalam sebelumnya di supermarket malam hari, bisa dapat onigiri 50 yen dan sushi 150 yen). Bisa juga dengan cara membeli udon cup sekitar 100-150 yen. Kalau mau rada kenyang sedikit, bisa beli nasi instan, tinggal di-microwave di konbini, seharga 100 yen. Lauknya bisa beli ikan kaleng, atau kalau bisa sudah bawa abon atau semcamnya dari rumah. Sayur bisa beli salad atau beli saja sayuran potong yang sudah diskon, seperti shredded cabbage bisa menjadi 90 yen.

Kalau mau gaya sedikit, bisa coba makan di hanamaru udon, mulai dari 130 yen, cuma mi dan kremesan tepung. Ada juga udon dan soba dekat stasiun dengan harga mulai dari sekitar 300 yen. Tapi berhubung lagi jalan-jalan, mungkin bisa merogoh kocek sedikit untuk makan sekali di restoran okonomiyaki (biasanya dari 600an yen) dan memesan seporsi untuk berdua. Jangan pernah jajan di konbini, atau beli minum di vending machine. Bawa botol minum, isi saja dengan air keran. Tapi kalau mau coba minuman rasa aneh, beli saja di supermarket, bisa lebih murah, sekitar 80an yen.

4. Beli tiket khusus
Biasanya ada semacam one day pass yang bisa membuat jalan-jalan jauh lebih murah. Contohnya, di kansai ada two-day-pass(3,800 yen), three-day-pass (5,000 yen), osaka two-day-pass (2,700 yen) yang hanya berlaku bagi turis dengan visa turis. Ini cukup murah, dan bisa dibeli di bandara kalau tidak salah, juga di stasiun besar. Selain itu, biasanya sudah termasuk diskon atau gratis masuk ke berbagai tourist spot. Soal transportasi juga cukup mahal, walaupun memang sangat praktis dengan adanya kereta di mana-mana. Oleh karena itu, cek di mbah Gugel, ada tiket apa saja yang bisa membaut jalan-jalan lebih murah.

5. Naik bus malam
Ini berlaku bagi yang ingin bepergian keluar kota. Manfaatnya, bisa menghemat penginapan semalam. Selain itu, jauh lebih murah dibanding naik shinkansen (tentu saja), atau pesawat (walaupun murah, tapi ongkos ke bandara juga cukup menguras kantong).

6. Bersedia banyak jalan kaki
Ini sudah wajib dilakukan. Kecuali kalau memang sudah membeli tiket semacam one day pass itu. Jangan harap ada ojek atau angkot di Jepang.

demi bus malam di terminal bus Busan, Korea Selatan

Tips hemat berlibur ini juga dapat diterapkan di negara lain, termasuk juga di Indonesia. Jangan ragu dan malu untuk menjadi gembel ketika harus menginap di bandara atau terminal atau stasiun. Tapi jangan lupa juga solat dan temukan beragam spot menarik untuk solat. Semoga bisa bermanfaat, menambah pengalaman, pengetahuan, teman, dan belajar dari orang-orang dan budaya yang berbeda.

Selamat liburan! Saya akan memulai semester baru hari ini!


You Might Also Like

3 komentar

  1. terima kasih gan atas tipsnya, sangat bermanfaat dan juga sangat membantu. salam kenal ya.

    ReplyDelete
  2. kalau ingin liburan ke jepang, membutuhkan biaya yang lumayan,
    kalau ingin liburan ke bali, mampir ke blog kami ya: paket tour bali, water sport bali, bulan madu ke bali, sewa mobil di bali, sewa bus di bali

    ReplyDelete
  3. Waaahhh...nice tips neh...terimakasih tipsnya yang menarik dan OK ini

    ReplyDelete

Search This Blog