Tips Mendapatkan Informasi Beasiswa ke Luar Negeri

Sudah terlalu banyak orang-orang yang bertanya, jadi saya mencoba berbagi sedikit pengetahuan. Bagi orang-orang yang terlahir di keluarga yang sudah pernah kuliah ke luar negeri, atau berpendidikan tinggi (biasanya S2 ke atas), informasi untuk mendapatkan beasiswa di luar Indonesia biasanya lebih mudah dicari. Yang sering dapat proyekan dengan dosen, atau memang berniat jadi dosen biasanya lebih mudah dapat informasi dari dosen tersebut. Namun bagi orang-orang biasa, pelajar yang lulus dengan nilai biasa saja, koneksi keluarga, dosen, atau tempat kerja belum banyak, jadikanlah Google teman setiamu.

#1 Gunakan Google
Mesin pencari ini adalah sumber informasi penting. Pengaturan tanggal juga bisa dilakukan. Misalnya ingin mencari pengumuman beasiswa yang baru saja dibuka satu bulan yang lalu. Jangan sampai kamu mendapat informasi yang basi. 

Atur hasil yang muncul berdasarkan waktu publikasi.

#2 Pencarian Detail
Lakukan pencarian sekreatif mungkin dalam Bahasa Inggris (atau bahasa negara tujuan). Misalnya: 'scholarship undergraduate singapore 2018' bagi yang ingin beasiswa S1. 'Student exchange scholarship japan 2019' bagi yang ingin ikut pertukaran pelajar. Pada prinsipnya hampir semua negara maupun universitas menyediakan beasiswa untuk pelajar internasional. Semua informasi ada di internet, tinggal filter saja dengan kata kunci yang tepat.

#3 Buat Kalender Beasiswa
Seleksi beasiswa biasanya rutin dilakukan setahun sekali. Misalnya beasiswa MEXT dari Kedubes Jepang setiap awal tahun. Beasiswa Chevening dari Inggris di pertengahan tahun. Jika sudah ketinggalan seleksi tahun tersebut, jangan menyerah. Tandai kalendermu dan persiapkan semua persyaratan untuk seleksi tahun berikutnya. Beasiswa LPDP biasanya ada perubahan tanggal sehingga harus sering mengunjungi websitenya. 

Scholarship deadline calendar
Buat tabel berdasarkan bulan dan tujuan negara/universitas. Sumber: snu.edu

Sekian tips singkat untuk mendapat informasi beasiswa. Tetap semangat dan yakinlah siapa pun (yang sudah memenuhi persyaratan dokumen dsb) memiliki kesempatan mendapat beasiswa ke luar negeri. You can do it!

Comments